Sabtu, 12 Januari 2019

➥ Pronoun Kata Ganti Dan Macam Macamnya Abdi Desa

Pronoun adalah sebuah kata yang menggantikan kata benda. Ahli bahasa modern menyatakan bahwa pronoun adalah bagian dari kata benda yang tidak dapat digabung dengan akhiran (suffix).

Sehingga, posisi dan fungsinya dalam kalimat sama seperti kata benda. Adapaun kata ganti (pronoun) ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

imagePersonal Pronoun (Kata ganti orang)

Dilihat dari fungsinya personal pronoun terbagi ke dalam dua bagian:Personal pronoun berfungsi sebagai subjek.Personal pronoun berfungsi sebagai objek.

Contoh:I love youYou help meHe teaches me

Possessive Pronoun

Adalah kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan. Kata ganti ini terbagi kedalam dua bagian sesuai dengan fungsinya.

Pertama, possessive adjective yaitu kata ganti kepunyaan yang diikuti oleh kata bendanya.

Contoh:This is my book  That is your penKedua, possessive pronoun digunakan apabila kita tidak menyebutkan kata bendanya.

Contoh:This school is ours: Sekolah ini milik kitaThat pen is mine: Pensil itu milik saya

Kedua contoh diatas bisa kita ubah menjadi possessive adjective menjadi: This is our school, that is my pen. Dengan memiliki arti yang sama.

Reflexive Pronoun

Bentuk reflexive digunakan untuk dua maksud atau tujuan:

Pertama, untuk menunjukkan bahwa orang atau binatang melakukan sesuatu pada dirinya sendiri.

Contoh:He hits himself yesterday: Ia memukul dirinya sendiri kemarin.They love themselves: Mereka mencintai diri mereka sendiriHe loves himself: Dia mencintai Dirinya sendiri.

Kedua, untuk membuat kalimat penegasan.

Contoh:I myself see the accident: saya sendiri melihat kecelakaan itu.We ourselves see it: kami sendiri yang melihatnya.That book itself fell from the table: buku itu jatuh sendiri dari meja. (jatuh dengan sendirnya).        


Source : https://www.abdidesa.com/2018/07/pronoun-kata-ganti-dan-macam-macamnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar