Senin, 21 Januari 2019

➢ Program Ideal Kegiatan Kukerta Mahasiswa 2018 Abdi Desa

imageIlustrasi gambar/pixabay.comKegiatan Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) atau biasa juga di sebut KKN untuk mahasiswa akhir memang mengisahkan banyak cerita.

Kegiatan tersebut nantinya mahasiswa dihadapkan pada masyarakat yang dimana mereka pun akan menjadi masyarakat nantinya.

Sehingga kegiatan kukerta adalah tahapan proses pengenalan sebelum benar-benar terjun di kehidupan bermasyarakat.

Nah, biasanya bagi mahasiswa akhir yang sedang mengikuti KKN kebingungan terkait apa saja program yang harus dilaksanakan di desa tempat mereka mengabdi.

Sehingga pada saat terjun ke lapangan, minim kegiatan.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang program ideal yang pas untuk dilaksanakan oleh KKN. Diantaranya: 1. Sunatan Masal

Biasanya di desa banyak sekali yang antusias jika diadakan sebuah program gratis. Sunatan masal adalah salah satu program yang pas untuk dilaksanakan.

Sebab dengan diadakannya sunatan secara masal akan berdampak pada psikologi anak agar tidak takut jika disunat.

Ini adalah program yang komplit. Dimana di dalam kegiatan tersebut terdapat banyak sekali ilmu yang nantinya bisa disampaikan kepada masyarakat.

Seperti menjalin komunikasi yang baik, Memberi kekuatan psikologi, penyuluhan, pendidikan dan lain sebagainya.

Namun, untuk mensukseskan kegiatan ini memang perlu adanya kerjasama dari intansi yang memang bersedia untuk membuka program ini.

Disinilah peran mahasiswa diuji dimana mahasiswa belajar untuk menjalin komunikasi yang baik. Supaya dari kedua belah pihak sama sama menguntungkan ketika kegiatan tersebut dilaksanakan.

2. Pasar murah

Kegiatan pasar murah amat menarik dan menjanjikan. Kegiatan ini juga mesti dilakukan dengan menjalin kerjasama.3. Sosialisasi anti Narkoba

Kegiatan sosialisasi anti Narkoba bisa dilaksanakan dengan mandiri.

Dengan sumber pengetahuan yang ada yang bisa kita cari dengan googling.

Memberikan informasi bagaimana bahayanya Narkoba.

Atau kegiatan ini bisa melibatkan Polsek setempat sebagai narasumber, supaya kegiatan yang berlangsung semakin menarik.

4. Program Pengolahan Sampah5. Sekolah Buta Huruf 6. Lomba Cerdas Cermat 7. Jumat Bersih 8. Pengajian Rutinan 9. Sosialisasi Pendidikan

Dan tentunya masih banyak lagi kegiatan yang bisa kita laksanakan untuk keberlangsungan kegiatan Kukerta selama 1 bulan penuh.

Sehingga ketika masa kukerta berakhir. Kita telah meninggalkan jejak kenangan yang mungkin tidak akan terlupakan seumur hidup kita.

Itulah beberapa program yang mungkin bisa menjadi bahan referensi bagi mahasiswa akhir yang sedang melaksanakan kegiatan KKN/KUKERTA. Semoga bermanfaat.

Kegiatan KKN Mahasiswa UMSU Fakultas Pertanian di Desa Kotangan Kec. Galang Kab. Deli Serdang


Source : https://www.abdidesa.com/2018/02/program-ideal-kegiatan-kukerta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar