Sabtu, 12 Januari 2019

➤ Cara Sembunyikan File Komputer Praktis Abdi Desa

Kali ini saya ingin share sebuah postingan yang berawal dari pertanyaan teman yang ingin menyembunyikan file-nya di dalam komputer dengan tujuan agar file-file yang bersifat privasi tidak diketahui oleh orang lain.

Perlu diketahui bahwa menyembunyikan file tidak hanya pada file yang bersifat privasi. Bahkan sistem Komputer pun sebagian disembunyikan file-nya, hal ini bertujuan agar semua sistem aman dari tangan yang tidak bertanggungjawab.

Sistem komputer sendiri memang tidak boleh dirubah, dihapus atau tanpa sengaja terhapus. Hal ini akan mengakibatkan komputer  tidak akan berjalan normal.

Oleh sebab itu, sebagian sistem komputer yang sifatnya penting menyangkut kinerja komputer akan disembunyikan.

Nah, hal ini bisa kita fungsikan juga pada file yang bersifat privasi, penting, dan alasan lainnya. Supaya orang yang meminjam Komputer kita tidak seenaknya membuka file-file kita.

Pertanyaannya adalah apakah ada cara lain selain di hiden ?

Tentu saja ada, yaitu dengan cara memberikan password pada beberapa file yang memang ingin diprotect dari pengguna lain. Namun, hal ini beresiko, karena apabila suatu saat nanti kita lupa dengan passwordnya, maka kita tidak bisa membuka file tersebut.

Baik kita langsung saja pada langkah-langkah meng-hiden file tanpa software tertentu.

1) Silahkan masuk pada windows explorer dengan cara klik kanan pada start atau klik CRTL + E2) Pilih file yang ingin di-hiden lalu klik kanan pilih properties3) Setelah memilih properties, akan muncul windows baru, silahkan klik tombol hidden seperti gambar dibawah ini.imageNah, jika sudah selesai sampai langkah tersebut. Mari kita sembunyikan file tersebut dengan cara;

4) Klik tools pada bagian atas windows explorer dan pilih folder options

image5) Kemudian pilih view6) Kemudian terakhir pastikan yang terceklis adalah sub “don’t show hidden file” seperti gambar di bawah ini.  image Nah, proses hidden file telah selesai. Dan jika ingin melihat kembali file yang ter-hidden, maka silahkan untuk tukar yang terceklis tadi. Asalnya dari “don’t show hidden file” menjadi “show hidden file”. Maka file akan kembali terlihat baik oleh user maupun pengguna lain.

Itulah langkah dalam menyembunyikan file, semoga informasi ini bermanfaat. salam berbagi.

Cara Mudah Membuat APlikasi Form di Ms Excel


Source : https://www.abdidesa.com/2018/07/cara-sembunyikan-file-komputer-praktis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar